Rahasia dan Fitur Tersembunyi di WhatsApp yang Perlu Anda Tahu

WhatsApp, sebagai salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Meskipun banyak dari kita menggunakannya setiap hari, tidak semua orang tahu tentang berbagai fitur tersembunyi yang dapat memperkaya pengalaman penggunaan WhatsApp. Dalam artikel ini kami kutip dari g20ftsideevents.id, kita akan menjelajahi rahasia fitur tersembunyi di WhatsApp yang perlu Anda ketahui.

1. Pesan yang Dihapus

Salah satu fitur paling menarik yang dimiliki WhatsApp adalah kemampuan untuk menghapus pesan yang telah Anda kirim, baik untuk diri sendiri maupun untuk penerima. Fitur “Hapus untuk Semua” memungkinkan Anda menghapus pesan yang dikirimkan dalam jangka waktu tertentu setelah pesan tersebut terkirim. Ini sangat berguna jika Anda ingin menghapus pesan yang dikirimkan secara tidak sengaja atau jika Anda ingin menjaga privasi Anda.

2. Notifikasi Pesan yang Ditandai

Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana Anda ingin mengingat diri sendiri untuk merespons pesan tertentu nanti, tetapi akhirnya lupa. WhatsApp memungkinkan Anda untuk menandai pesan dengan bintang sebagai pengingat. Anda dapat melakukannya dengan menekan lama pada pesan dan memilih opsi “Tandai dengan Bintang”. Pesan yang ditandai dengan bintang akan tersimpan dalam folder “Pesan yang Ditantukan” untuk memudahkan akses di kemudian hari.

Baca Juga  5 Aplikasi Edit Foto Yang Akan Membuat Wajahmu Semakin Berseri!

3. Mencadangkan Pesan ke Google Drive

Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda dapat mencadangkan chat WhatsApp Anda ke Google Drive untuk mengamankan pesan dan media. Tetapi apa yang mungkin tidak semua orang tahu adalah bahwa Anda dapat mengatur frekuensi pencadangan sesuai keinginan Anda. Anda dapat memilih opsi harian, mingguan, atau bahkan mencadangkan secara manual. Ini memastikan bahwa data Anda selalu aman dan dapat dipulihkan jika perangkat Anda mengalami masalah.

4. Mode Gelap

Mode Gelap adalah fitur yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna WhatsApp. Ini memberikan tampilan gelap pada aplikasi, yang tidak hanya memberikan tampilan yang lebih menarik tetapi juga membantu menghemat daya baterai pada perangkat seluler dengan layar OLED. Anda dapat mengaktifkan Mode Gelap dengan pergi ke “Pengaturan” > “Tampilan” > “Mode Gelap.”

5. Pesan Suara

WhatsApp memungkinkan Anda mengirim pesan suara kepada kontak Anda sebagai alternatif teks biasa. Ini sangat berguna ketika Anda ingin berbicara lebih cepat daripada mengetik atau ketika Anda ingin menyampaikan emosi Anda dengan lebih baik. Anda dapat merekam pesan suara dengan menahan tombol mikrofon di samping kotak pesan. Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan pesan suara yang dikirimkan kepada Anda dengan sekali menyentuhnya.

6. Menandai Pesan Sebagai Unread

Jika Anda ingin mengingat untuk membaca pesan tertentu nanti, Anda dapat menandainya sebagai “Belum Dibaca.” Ini berguna terutama jika Anda sedang sibuk dan ingin kembali ke pesan tersebut nanti. Anda dapat melakukannya dengan menekan lama pada pesan dan memilih opsi “Tandai sebagai Belum Dibaca.”

7. Ubah Huruf Tebal, Miring, dan Garis Bawah

Anda dapat menambahkan gaya teks khusus pada pesan Anda di WhatsApp. Misalnya, Anda dapat membuat kata-kata menjadi teks tebal dengan menambahkan tanda bintang di awal dan akhir kata (teks tebal), membuatnya miring dengan garis bawah ( teks miring ), atau membuatnya bergaris bawah ( teks dengan garis bawah ). Ini dapat membantu Anda menyoroti pesan tertentu atau membuat pesan Anda lebih menarik secara visual.

Baca Juga  Jangan Download WA GB Ada Risiko Bawaan

8. Penjadwalan Pesan

Apakah Anda pernah ingin mengirim pesan pada waktu tertentu tetapi khawatir Anda akan lupa? WhatsApp memungkinkan Anda menjadwalkan pesan untuk dikirim secara otomatis pada waktu yang Anda tentukan. Ini berguna untuk mengirim ucapan selamat ulang tahun atau pesan penting lainnya. Anda dapat melakukannya dengan menulis pesan, menahan tombol kirim, dan memilih opsi “Jadwalkan Pesan.”

9. Menyimpan Nomor Tanpa Kontak

Jika Anda pernah menerima pesan dari seseorang yang tidak ada dalam daftar kontak Anda dan ingin menyimpan nomornya, WhatsApp memudahkan hal ini. Anda dapat menambahkan nomor tersebut ke daftar kontak Anda dengan menekan opsi “Tambahkan ke Kontak” yang muncul ketika Anda mengeklik nomor tersebut dalam obrolan.

10. Melihat Statistik Grup

Jika Anda adalah anggota grup WhatsApp yang aktif, Anda mungkin ingin melihat statistik yang menarik. WhatsApp memungkinkan Anda melihat data seperti siapa yang paling aktif dalam grup, berapa banyak pesan yang telah dikirim, dan seberapa banyak media yang telah dibagikan. Anda dapat melihat statistik grup dengan pergi ke “Pengaturan Grup” > “Info Grup” > “Statistik.”

11. Membatasi Akses ke Info Anda

Ketika seseorang baru memasukkan nomor Anda ke dalam WhatsApp mereka, mereka dapat melihat foto profil Anda, status, dan info lainnya. Namun, Anda dapat membatasi akses ini dengan mengatur privasi Anda. Anda dapat memilih siapa yang dapat melihat info Anda dengan pergi ke “Pengaturan” > “Akun” > “Privasi.”

12. Panggilan Suara dan Video Grup

Selain panggilan suara dan video satu lawan satu, WhatsApp juga mendukung panggilan suara dan video grup. Anda dapat mengundang beberapa kontak untuk bergabung dalam panggilan suara atau video bersama-sama, membuatnya ideal untuk rapat kerja jarak jauh atau panggilan keluarga yang besar.

Baca Juga  Cara Optimalkan Fitur WhatsApp Selama Ramadhan 2023