Xiaomi MIUI 14 Resmi Diluncurkan Dan Memiliki 6 Fitur Baru

Xiaomi akhirnya merilis MIUI 14, interface terbarunya (user interface/UI) dengan peluncuran seri Xiaomi 13 di China.

MIUI 14 didasarkan pada Android 13 dan memiliki banyak perubahan visual dibandingkan dengan MIUI 13.

Selain tampilan yang ditingkatkan, MIUI 14 menghadirkan sejumlah fitur dan peningkatan baru dalam hal integrasi lintas perangkat.

Meski mengalami berbagai peningkatan, ukuran firmware MIUI 14 lebih ringan dibandingkan MIUI 13. Ukuran MIUI 14 adalah 13,09 GB.

Selain ukurannya lebih kecil, MIUI 14 juga hadir dengan pembaruan desain. MIUI 14 menghadirkan tampilan ikon yang lebih besar, tetapi pengguna dapat mengubah ukurannya.

MIUI 14 juga menghadirkan tata letak widget serta folder baru di layar beranda yang diperbarui, memberi pengguna lebih banyak opsi penyesuaian.

Fitur MIUI 14 juga menyertakan widget hewan peliharaan atau vegan. Fitur ini mirip dengan Pixel Pals, sebuah game hewan peliharaan untuk iOS di mana pengguna dapat memelihara dan bermain dengan hewan peliharaan melalui layar Dynamic Island.

Sekarang, pada ponsel Xiaomi yang menjalankan MIUI 14 atau lebih baru, hewan peliharaan atau tanaman default pengguna akan muncul di layar beranda. Dari sana, pengguna dapat berinteraksi atau bermain dengan hewan peliharaan mereka.

Xiaomi Menampilkan MIUI 14 Secara teknis, MIUI 14 dirancang untuk mendukung aplikasi yang ringan sekalipun. Hal ini memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang lebih halus dan lebih hemat energi.

Selain itu, Xiaomi juga mengurangi kapasitas sistem yang biasanya memakan banyak memori. Selain kapasitas yang berkurang, kelancaran aplikasi sistem di MIUI 14 juga disebut meningkat hingga 60%.

Kemudian MIUI 14 hanya memiliki 8 aplikasi yang tidak dapat dihapus oleh pengguna.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial Dan Memahami Risikonya

Apa yang baru di MIUI 14

MIUI 14 telah dirilis dengan opsi manajemen notifikasi baru karena pengguna dapat menghapus daftar notifikasi hanya dengan satu sapuan.

Notifikasi dari aplikasi yang baru dipasang juga memerlukan persetujuan pengguna sebelum muncul di daftar notifikasi.

MIUI 14 dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang dapat mencari teks dalam gambar. Selain itu, pengguna dapat mengenali teks dengan cara menekan lama (mengetuk) teks gambar yang tersimpan di galeri.

Fitur dengan teks ini mendukung hingga 8 bahasa berbeda yang disusun oleh KompasTekno Gizmochina pada Senin (12 Desember 2022).

Selain teks pada gambar, MIUI 14 juga menawarkan fitur teks langsung untuk konferensi video.

Di MIUI 14, asisten suara Mi AI telah ditingkatkan dengan banyak fitur. Pengguna dapat menggunakan asisten suara untuk mengeluarkan perintah pemindaian dokumen, seperti terjemahan, untuk memfilter panggilan spam, misalnya.

MIUI 14 memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan mulus ke berbagai produk ekosistem. Xiaomi mengklaim bahwa ada lebih dari 1 miliar perangkat yang didukung dan pengaturan ditampilkan dalam antarmuka yang berbeda untuk setiap perangkat.

Xiaomi Magic Center adalah platform bagi pengguna untuk mengelola produk ekosistem Xiaomi yang digunakan oleh mereka. Panel Xiaomi Magic Center telah ditingkatkan, terutama saat beberapa produk terhubung.

Xiaomi Menampilkan Xiaomi Magic Center

MIUI 14 dikatakan ramah keluarga karena memungkinkan pengguna membuat grup hingga delapan orang. Pengguna juga dapat mengatur kontrol atau hak akses untuk setiap anggota.

Di grup ini, pengguna dapat berbagi album foto dan setiap anggota dapat melihat atau mengunggah foto baru.

Baca Juga:

Selain foto, layanan keluarga dapat digunakan untuk berbagi data kesehatan, termasuk detak jantung, kadar oksigen dalam darah, dan data pelacakan tidur pengguna.

Baca Juga  Xiaomi 12T Siap Diluncurkan Di Indonesia

Ada juga banyak opsi kontrol orang tua, seperti mengatur waktu layar atau waktu layar untuk anak Anda, membatasi penggunaan aplikasi, dan banyak lagi.

MIUI 14 akan tersedia pada tahap awal untuk beberapa smartphone Xiaomi seperti seri Xiaomi 12 dan seri Redmi K50 di China mulai Januari 2023.

Pada saat yang sama, antarmuka ini kemungkinan akan diluncurkan secara bertahap di seluruh dunia untuk berbagai model ponsel Xiaomi.