Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial Dan Memahami Risikonya

Di luar kemudahan yang diberikan oleh internet, khususnya media sosial, terdapat kecanduan mendasar yang berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental penggunanya.

Dalam webinar bertajuk “Candu Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Mental Generasi Muda” di Makassar, pembicara baru-baru ini mengatakan bahwa disiplin dan konsentrasi adalah kunci untuk menghindari kecanduan media sosial.

Dalam paparannya, senior coach dan psikolog Helen Citra Dewey memaparkan beberapa isu yang berkembang di dunia online: cyberbullying, cybercrime, pornografi, eksploitasi seksual anak secara online, dan kecanduan media sosial.

Dia seperti dikutip Selasa (11/8/2022) “Banyak yang terjadi dalam kecanduan media sosial adalah rasa takut ketinggalan (FOMO).”

Fenomena lain adalah ketika perangkat bergetar ketika perangkat tidak benar-benar bergetar, atau individu mengabaikan interaksi di dunia mereka (pengupasan telepon).

“Gejala yang disebabkan oleh kecanduan media sosial perangkat termasuk hilangnya kendali atas perilaku, prioritas preferensi, dan efek negatif terus-menerus yang bertahan. Efek negatif ini mencakup kesehatan fisik, kognitif, sosial, mental, dan emosional.”

Helen mengatakan, mengontrol waktu penggunaan perangkat sangat penting untuk menjaga kesehatan mental di era digital. Aktivitas sosial di dunia nyata juga harus diimbangi dengan aktivitas di dunia digital.

Helen mengatakan dalam webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi sehubungan dengan krisis dunia maya Gerakan Literasi Digital Nasional (GNLD), “Bagi orang tua, Anda harus memiliki kontrol yang kuat atas anak-anak Anda jika Anda ingin mereka terhindar dari kecanduan perangkat.”

Misalnya, dia menambahkan bahwa kesepakatan harus dicapai antara putra dan orang tua tentang lamanya waktu layar.

Helen menyimpulkan bahwa “harus ada ketelitian, seperti ruang di mana perangkat pribadi tidak dapat digunakan, dan waktu harus diberikan untuk istirahat dari penggunaan alat tersebut”.

Baca Juga  Fitur-fitur Baru WhatsApp Memudahkan Untuk Menemukan Usaha Kecil Atau Toko

Sisi positif dari penggunaan internet atau media sosial, komunikasi seperti situs bkpsdmd-meranginkab.id, media sosial dan instruktur bisnis digital Marisa Jeswandani mengatakan ada banyak hal yang bermanfaat: memfasilitasi interaksi dengan orang lain, memperluas hubungan, dan akses yang lebih mudah dan lebih cepat. Informasi.

Namun, dampak negatifnya adalah rasa percaya diri yang rendah, kecenderungan merasa cemas (seperti membandingkan diri sendiri dengan orang lain), produktivitas rendah, kurang peka terhadap lingkungan, dan kecenderungan khawatir saat tidak menggunakan smartphone.

“Satu studi menemukan bahwa efek kecanduan gadget cenderung mengurangi produktivitas siswa. Bahkan, kelas internet atau jaringan Wi-Fi gratis harus menjadi senjata Anda untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan Anda.

Sementara itu, Eko Bamoji, Sekretaris Jenderal Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur memberikan beberapa tips agar terhindar dari kecanduan internet, khususnya kecanduan media sosial. Langkahnya adalah menghapus aplikasi media sosial yang menjadikannya perangkat adiktif.

Baik di sekolah atau di tempat kerja, selama aktivitas apa pun, Anda harus mengalihkan ponsel ke mode tidak aktif dan fokus pada aktivitas normal Anda.

“Jika langkah-langkah ini tidak efektif dalam mencegah keracunan perangkat, Anda harus menemui dokter sesegera mungkin,” katanya.