Pendaftaran Jalur Mandiri UNY 2022 Masih Dibuka, Intip Infonya

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) termasuk salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang masih membuka pendaftaran jalur mandiri 2022.

Bahkan UNY menyediakan banyak jalur mandiri bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya. Masih ada 3 jalur mandiri program S1 yang bisa dimanfaatkan para calon mahasiswa.

Melansir dari laman resmi pendaftaran mahasiswa baru UNY, Jumat (15/7/2022), jalur mandiri yang masih dibuka masa pendaftarannya adalah seleksi mandiri S1 skor UTBK, jalur CBT Kampus dan jalur kerjasama dengan instansi/dinas.

Berikut informasi lengkapnya mengenai jalur mandiri UNY yang masih dibuka masa pendaftarannya.

UNY masih buka 3 jalur mandiri

1. Jalur Skor UTBK

Jalur ini merupakan seleksi calon mahasiswa baru S1 berdasar skor hasil UTBK. Peserta yang bisa mendaftar di jalur ini adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2020, 2021, atau 2022 yang mengikuti UTBK tahun 2022.

Pilihan prodi harus sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti pada tahun 2022. Peserta bisa memilih maksimum 2 prodi S1 untuk Saintek atau Soshum.

Peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus memiliki nilai portofolio keterampilan di UTBK 2022. Sedangkan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BTN, atau Bank BNI. Prosedur pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.

Jadwal

2. CBT Kampus

SM S1 CBT di Kampus adalah tes CBT yang dilaksanakan di kampus UNY. Prosedur umum di jalur CBT Kampus yakni:

a. Seleksi calon mahasiswa baru S1 berdasar hasil tes akademik.

b. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2020, 2021, atau 2022.

c. Memilih maksimal 2 (dua) prodi S1 untuk Kelompok SAINTEK atau SOSHUM.

d. Peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio sesuai pilihan prodi.

Baca Juga  Teknik Deteksi Kebohongan Menyelidiki Putri Kandrawati

e. Biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00 dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BTN, atau Bank BNI.

f. Tata cara pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat di http://pmb.uny.ac.id.

g. Mengikuti Computer Based Test (CBT) sesuai dengan kelompok ujian Saintek atau Soshum (materi: TPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA atau IPS), dan sesuai jadwal.

Jadwal

3. Jalur kerjasama

Pendaftaran mahasiswa baru jalur Kerjasama ini diselenggarakan atas kerja sama kemitraan antara UNY dengan instansi pemerintah/swasta.

Kuota mahasiswa yang diterima di jalur ini akan diatur tersendiri. Waktu pelaksanaan juga diatur tersendiri sesuai dengan kesepakatan kerja sama. Peserta mengikuti CBT sesuai kelompok prodi yang dipilih.

Peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio sesuai pilihan prodi. Tes dapat diselenggarakan di lokasi mitra kerja sama. Sedangkan biaya penyelenggaraan seleksi ditanggung oleh mitra kerja sama.

Jadwal

Demikian 3 jalur mandiri yang masih dibuka UNY. Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UNY bisa segera melakukan pendaftaran di laman ini.